Bagi kalian yang pengen liburan tapi bingung liburan kemana, mungkin Karimunjawa bisa menjadi destinasi liburan kamu bersama teman ataupun pasangan. Memang ada beberapa aspek yang harus diperhitungkan jika ingin berlibur, seperti biaya penginapan, makanan, tour guide, seberapa bagus tempat, jarak dll. Namun beberapa dari aspek tersebut tidak perlu kalian pikirkan lagi, karena di Karimunjawa banyak sekali Travel Agent yang siap menyediakan penginapan, makanan, tour guide dalam satu paket dengan harga yang murah. Walaupun Travel Agent ini bisa dibilang masih amatir (warga lokal) tapi cukup bisa dipercaya, karena setahu saya memang belum ada Travel Agent resmi di Karimunjawa ini. 

Untuk biaya paket 3 hari 2 malam bisa dibilang cukup murah, yaitu hanya Rp 800.000 saja (mungkin sekarang bisa lebih mahal), biaya tersebut sudah All In alias ditanggung semua oleh pihak Travel Agent, mulai dari transportasi kapal PP dari Jepara - Karimunjawa, makan 3x sehari, penginapan, tour guide, hingga peralatan snorkeling, murah bukan. Saran saya cari informasi Travel Agent terupdate di Kaskus, di sana banyak yang menawarkan paket dengan harga yang lebih murah, tapi ingat tetap harus waspada terhadap penipuan. Bagi kalian yang belum tau letak pulau Karimunjawa, kalian bisa liat peta berikut:


Letaknya di sebelah utara kota Semarang, atau lebih tepatnya di sebelah utara Kab. Jepara, karena kalian nantinya akan berangkat melalui pelabuhan Jepara. Perjalanan awal tentunya dimulai dari kota tempat tinggal kalian masing-masing menuju pelabuhan Jepara, yang selanjutnya kalian akan diberangkat kan menggunakan kapal menuju Karimunjawa, perjalanan dari Jepara menuju Karimunjawa memakan waktu sekitar 3 jam. Berikut tampilan deck kapal yang biasa digunakan untuk transportasi dari Jepara - Karimunjawa dan sebaliknya: 


Begitu tiba di Karimunjawa kalian akan dijemput oleh Travel Agent kalian masing-masing menuju base camp untuk makan siang, pembagian kamar-kamar tempat kalian istirahat, dan kemudian menuju bukit untuk menyaksikan sunset dari atas bukit.


Keesokan harinya setelah sarapan kalian akan diajak menuju ke sebuah pulau yang dipenuhi oleh ikan hiu, di sini kalian bisa merasakan sensasi berenang bersama puluhan ikan hiu berukuran yang cukup besar, dan tentunya aman selama si ikan hiu tidak mencium bau darah/luka dari tubuh kalian, jadi jika berani kalian bisa sepuasnya berfoto bersama ikan hiu di sini.


Sudah puas berenang bersama ikan hiu, selanjutnya kalian akan diajak ke bebagai pulau di sekitar pulau Karimunjawa untuk snorkeling, bakar ikan, berenang di pinggir pantai atau sekedar tiduran di atas pasir pantai yang putih. Jika kalian beruntung, di perjalanan kalian juga bisa bertemu sekumpulan lumba-lumba yang berenang di sekitar perahu kalian, ini artinya bahwa Karimunjawa memang masih begitu terjaga ekosistem lautnya. Bagi kalian yang hobi snorkeling maka Karimunjawa adalah tempat yang paling pas, arus bawah laut yang tenang, terumbu karang yang masih terjaga, ikan-ikan kecil yang cantik akan membuat kalian benar-benar lupa waktu.