Persoalan bisnis terbesar saat ini adalah kurangnya pemahaman tentang cara menjalankan sebuah bisnis dengan tepat dan benar, rata-rata para pebisnis yang ada di Indonesia awalnya hanya mengandalkan ‘naluri’ dalam menjalankan bisnis, tanpa dibarengi dengan konsep yang memadai tentang dunia bisnis itu sendiri, dan bagaimana cara menjalankan bisnis dengan benar dan berkelanjutan. 


Adapun para pebisnis yang sukses saat ini hanya belajar dari pengalaman dan kegagalan - kegagalan yang dialaminya di masa-masa sebelumnya (berdasarkan pengalaman), memang benar jika dikatakan bahwa bisnis dan kegagalan merupakan dua hal yang berdekatan seperti dua sisi mata uang, tapi dengan adanya pengetahuan yang memadai mengenai dunia bisnis, kegagalan - kegagalan tersebut bisa diminimalisir atau bahkan dapat dihindari.

Selain pengetahuan dan pemahaman yang kurang, persoalan bisnis terbesar selanjutnya ialah kebanyakan para pelaku bisnis menjalankan bisnisnya tanpa melibatkan perkembangan teknologi yang ada, seperti yang kita ketahui saat ini adalah era teknologi informasi, era dimana seakan tidak ada jarak antara satu orang dengan orang lainnya walaupun berada terpisah dibelahan dunia lainnya. 

Teknologi telah mengubah dunia, menjadikan segala sesuatu menjadi lebih mudah, murah dan tentu saja efisien. Saat ini teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, hampir seluruh transaksi bisnis dapat dilakukan dengan cara online, karena transaksi online membuat segalanya menjadi lebih mudah dan tentu saja murah dan cepat.

Sehingga sebuah bisnis yang baik adalah bisnis yang dibangun dengan pemahaman, pengetahuan dan ide bisnis yang kuat, serta diikuti dengan pemanfaatan teknologi sebagai salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh pada jalannya sebuah proses bisnis.

Walaupun masih banyak pengusaha yang belum menerapkan teknologi pada bisnis mereka, namun saat ini telah mulai banyak bermunculan bisnis dengan ide yang luar biasa, dan diperkuat dengan penggunaan teknologi sebagai sarana utama berjalannya bisnis. 

Gojek, Grabike, Uber, Lazada, Tokopedia, Elevania, OLX dan lainnya, merupakan bukti nyata bahwa ide bisnis yang kuat jika didukung dengan teknologi serta pendidikan dan pemahaman bisnis yang baik dapat menghasilkan sebuah bisnis yang dapat berkembang dengan cepat dan dikenal masyarakat luas. Sehingga tentu saja bisnis dengan konsep seperti ini akan sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Tulisan ini dibuat penulis pada tahun 2016 sebagai syarat masuk ke perguruan tinggi, dan terbukti saat ini kebanyakan masyarakat sudah mulai menggunakan sarana teknologi informasi dalam menunjang bisnisnya.